Begini Cara Ampuh Mencegah Terinfeksi Gonore

Apollo Info - Apakah kalian tahu? Penyakit gonore sangat mudah menular. Edukasi tentang penyakit ini sangatlah penting agar dapat mengetahui cara mencegah gonore.

Pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Hal ini dikarenakan gonore adalah penyakit menular seksual yang dapat menimbulkan komplikasi, apabila tidak segera diobati.

Karena banyak kasus penderita tidak memperhatikan atau tidak tahu jika mereka terinfeksi gonore. Karena hal ini, banyak yang terlambat melakukan pengobatan, dan akhirnya menyebabkan komplikasi.

Jadi pada artikel ini, kita akan memberi tahu tentang bagaimana cara mencegah gonore yang benar, mari simak!

Langkah-langkah Pencegahan Gonore

Ilustrasi Cara Ampuh Mencegah Terinfeksi Gonore
Ilustrasi Cara Ampuh Mencegah Terinfeksi Gonore (Sumber gambar: canva.com)

Bakteri Neisseria gonorrhoeae adalah penyebab umum seseorang terinfeksi gonore atau kencing nanah. Biasanya pada tahap awal, gonore mudah sembuh dengan antibiotik yang dokter resepkan.

Pada kasus lain, gonore yang tidak diobati atau dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan komplikasi, yang bahkan bisa menyebabkan kemandulan permanen.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah pencegahan gonore yang wajib kalian ketahui, agar terhindari dari masalah yang lebih serius lagi.

Berikut 6 langkah bagaimana cara mencegah terinfeksi gonore.

1. Gunakan kondom

Setiap kali berhubungan seksual cobalah untuk menggunakan kondom. Kondom adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan Gonore.

2. Lakukan Tes Skrining

Jika kalian aktif secara seksual, penting untuk melakukan tes skrining PMS secara rutin, bahkan jika kalian tidak memiliki gejala.

3. Setia pada Satu Pasangan

Dengan setia hanya dengan satu pasangan, kalian dapat terhindar dari gonore, dan mencegah penularan penyakit.

4. Hindari Berhubungan dengan Penderita Gonore

Jika kalain mengetahui bahwa pasangan seksual kalian memiliki gonore, sebaiknya hindari berhubungan seksual dengan mereka sampai mereka diobati dan dinyatakan sembuh.

5. Bersihkan Mulut dan Tenggorokan setelah Seks Oral

Gonore dapat menular melalui seks oral. Gunakan obat kumur antiseptik untuk membersihkan mulut dan tenggorokan setelah seks oral.

6. Berhati-hatilah saat Bepergian

Gonore adalah penyakit yang umum di banyak negara di dunia. Berhati-hatilah saat berhubungan seksual ketika kalian bepergian ke negara lain.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang memiliki faktor risiko ini akan terkena Gonore. Namun, dengan mengetahui faktor-faktor risiko ini, kalian dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari penyakit ini.

Baca Juga: Gejala Gonore yang Sering Dialami Pria dan Wanita

Jika kalian memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang Gonore, silakan berkonsultasi dengan dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya