Cara Mencegah Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin

Apollo Info - Kutil kelamin, benjolan kecil yang muncul di area genital atau anus, bisa menimbulkan rasa risih dan malu bagi kebanyakan orang. Lantas, bagaimana cara mencegah kutil kelamin ini?

Tahukah Anda, kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papillomavirus). Virus ini mudah sekali menular melalui berbagai faktor.

Tapi kalian jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah "Si Kutil" hinggap di area intim Anda.

Berikut ada 5 langkah-langkah pencegahan agar tidak tertular penyakit kutil kelamin, mari simak!

Ilustrasi Cara Mencegah Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin
Ilustrasi Cara Mencegah Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin (Sumber gambar: canva.com)

1. Vaksinasi

Vaksin HPV adalah cara paling efektif untuk mencegah infeksi HPV dan kutil kelamin. Vaksin ini tersedia untuk pria dan wanita, dan dapat diberikan pada usia 9-45 tahun.

2. Gunakan Kondom

Kondom dapat membantu mengurangi risiko penularan HPV dan kutil kelamin. Jadi, gunakanlah kondom dengan benar setiap kali berhubungan seksual, baik vaginal, anal, maupun oral.

3. Jaga Kebersihan

Jaga;ah kebersihan area genital dan anus kalian dengan baik. Cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat secara teratur. Hindari berbagi handuk dan pakaian dalam dengan orang lain.

4. Hindari Berganti-ganti Pasangan Seksual

Semakin banyak pasangan seksual yang Anda miliki, maka semakin tinggi risiko Anda terkena HPV dan kutil kelamin.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin, terutama jika Anda memiliki banyak pasangan seksual. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi dini HPV dan kutil kelamin.

Baca Juga: Cara Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin

Oleh karena itu, jika kalian mengalami gejala seputar kutil kelamin, jangan dibiarkan ya! Cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter, agar tidak menimbulkan masalah lain di kemaudian hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya