Cara Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin

Apollo Info - Kutil kelamin, adalah sebuah benjolan kecil yang muncul di area genital atau anus, yang yang disebabkan oleh virus. Bagaimana cara penularan virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin?

Virus HPV dapat menular dengan mudah melalui kontak kulit dengan kulit yang terinfeksi. Saat pertama kali tertular virus ini, mungkin kalian tidak akan menyadarinya.

Meskipun HPV bisa menyerang area tubuh lain, jenis HPV tertentu  justru senang "bermukim" di area kelamin dan anus, menyebabkan munculnya kutil.

Nah, berikut ini kita akan menjelaskan tentang bagaimana virus HPV ini bisa menular, mari simak artikel berikut.

Ilustrasi Cara Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin
Ilustrasi Cara Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin (Sumber gambar: canva.com)

1. Kontak Seksual

Cara utama penularan HPV adalah melalui kontak seksual, baik vaginal, anal, maupun oral. Jadi, virus HPV dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi, termasuk area genital, anus, dan mulut.

2. Berbagi Barang Pribadi

Virus HPV dapat menular melalui berbagi barang pribadi yang terkontaminasi virus, seperti handuk, pakaian dalam, dan pisau cukur. Lalu, virus ini juga dapat bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam.

3. Sentuhan Kulit

HPV juga dapat menular melalui sentuhan kulit dengan orang yang terinfeksi, meskipun tidak ada luka terbuka. Risiko penularan melalui sentuhan kulit relatif rendah, namun tetap ada kemungkinan.

4. Persalinan

Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi HPV dapat tertular virus saat persalinan. Jadi, bayi yang lahir dengan HPV dapat mengembangkan kutil kelamin di kemudian hari.

5. Kolam Renang dan Kamar Mandi Umum

HPV dapat menular melalui permukaan yang basah di kolam renang dan kamar mandi umum. Risiko penularan melalui kolam renang dan kamar mandi umum relatif rendah, namun tetap bisa terjadi.

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Virus HPV yang Sebabkan Kutil Kelamin

Jadi, untuk meminimalisir tertular virus HPV ini, kalian bisa terapkan tips di atas. Untuk informasi mengenai edukasi pencegahan kutil kelamin, kalian bisa langsung konsultasi dengan dokter spesialis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya