Inilah Faktor Penyebab Klamidia Pada Pria dan Wanita

Apollo Info - Klamidia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang umum terjadi pada pria dan wanita. Penyebab penyakit klamidia dipicu oleh faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kedua jenis kelamin secara berbeda.

Pada pria, faktor-faktor seperti perilaku seksual yang berisiko tinggi, seperti hubungan seks tanpa kondom atau memiliki banyak pasangan seksual, dapat meningkatkan risiko terkena klamidia.

Sementara itu, pada wanita, faktor-faktor seperti kebersihan genital yang kurang optimal atau rendahnya kekebalan tubuh juga dapat memainkan peran penting dalam menyebabkan infeksi klamidia.

Jadi, dengan memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada penyebaran klamidia, maka dapat membantu dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Pemicu Seseorang Terinfeksi Klamidia

Ilustrasi Faktor Penyebab Klamidia Pada Pria dan Wanita
Ilustrasi Faktor Penyebab Klamidia Pada Pria dan Wanita (Sumber gambar: canva.com)

Pemicu seseorang terinfeksi klamidia umumnya terkait dengan perilaku seksual yang meningkatkan risiko paparan terhadap bakteri Chlamydia trachomatis, penyebab klamidia.

Berikut ada beberapa faktor penyebab infeksi klamidia pada pria dan wanita.

1. Hubungan Seksual Tanpa Pengaman

Aktivitas seksual tanpa penggunaan kondom atau penggunaan kondom yang tidak benar meningkatkan risiko terinfeksi klamidia. Hal ini berlaku baik untuk hubungan seksual vaginal, anal, maupun oral.

2. Pasangan Seksual yang Terinfeksi

Berhubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi klamidia secara signifikan meningkatkan risiko terjangkit infeksi ini.

Kadang-kadang, pasangan yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala, sehingga seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka terpapar.

3. Banyak Pasangan Seksual

Memiliki banyak pasangan seksual dalam rentang waktu yang singkat meningkatkan kemungkinan terinfeksi klamidia, terutama jika hubungan tersebut tidak dilindungi dengan kondom.

4. Praktik Seks Anal dan Oral

Hubungan seksual anal atau oral juga dapat menyebarkan klamidia, meskipun risikonya mungkin sedikit lebih rendah daripada hubungan seksual vaginal.

5. Tidak Memeriksakan Diri Secara Teratur

Orang yang jarang atau tidak pernah memeriksakan diri untuk infeksi menular seksual seperti klamidia memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi tanpa menyadarinya.

6. Usia Muda

Orang yang lebih muda, terutama remaja dan dewasa muda, cenderung memiliki tingkat aktivitas seksual yang lebih tinggi dan mungkin kurang berpengalaman dalam penggunaan kondom, sehingga meningkatkan risiko terinfeksi klamidia.

Baca Juga: Perhatikan! Gejala Klamidia Pada Pria dan Wanita

Dengan memahami faktor-faktor risiko ini, maka dapat membantu kalian mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk infeksi menular seksual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya