Faktor Penyebab Muncul Kutil Kelamin di Area Genital

Apollo Info - Penyebab munculnya kutil di area kelamin, atau dikenal dengan istilah medis kutil kelamin (kondiloma akuminata), disebabkan oleh adanya infeksi virus yang dinamakan Human Papillomavirus (HPV).

HPV ini merupakan virus yang sangat umum ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit. Meskipun HPV bisa menyerang area tubuh lain, strain tertentu dari HPV  menyebabkan munculnya kutil pada area kelamin dan anus.

Mari kita simak lebih dalam mengenai 5 penyebab utama munculnya kutil kelamin di area genital.

Ilustrasi Faktor Penyebab Muncul Kutil Kelamin di Area Genital
Ilustrasi Faktor Penyebab Muncul Kutil Kelamin di Area Genital (Sumber gambar: canva.com)

1. Kontak Seksual dengan Orang yang Terinfeksi HPV

Virus HPV dapat menular melalui hubungan seksual vaginal, anal, ataupun dari kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang terinfeksi kutil kelamin.

2. Memiliki Banyak Pasangan Seksual

Semakin banyak pasangan seksual yang kalian miliki, semakin tinggi risiko kalian terkena HPV dan kutil kelamin. Hal ini karena kalian lebih berisiko untuk terpapar virus dari orang yang terinfeksi.

3. Memiliki Riwayat PMS

Jika kalian pernah terkena penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya, kalian berisiko lebih tinggi untuk terkena kutil kelamin.

Hal ini karena kalian mungkin memiliki perilaku seksual yang berisiko, seperti tidak menggunakan kondom.

4. Usia Muda

Orang yang berusia di bawah 25 tahun lebih berisiko terkena kutil kelamin. Hal ini karena mereka lebih sering berganti-ganti pasangan seksual dan tidak menggunakan kondom secara konsisten.

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti akibat HIV/AIDS atau penggunaan obat-obatan imunosupresif, lebih berisiko terkena kutil kelamin.

Baca Juga: Gejala yang Timbul Akibat Kutil Kelamin

Jadi, perhatikan keamanan dan kesehatan area genital kalian. Jika memang kalian memiliki gejala-gejala seputar kutil kelamin, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya