Gejala yang Timbul Akibat Kutil Kelamin

Apollo Info - Kutil kelamin, juga dikenal dengan kondiloma akuminata, adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh  infeksi virus HPV. Umumnya, gejala kutil kelamin tidak selalu muncul saat awal terpapar virus.

Jadi, karena hal tersebut banyak yang tidak menyadari dan akhirnya terlambat mengobati penyakit. Virus HPV yang terus berkembang bisa menyebabkan komplikasi dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, edukasi seputar penyakit kutil kelamin sangatlah penting agar bisa mencegah penularannya. Terutama jika kalian aktif secara seksual dan masih muda.

Nah, berikut ada 5 gejala kutil kelamin yang akan muncul yang harus kalian perhatikan.

Ilustrasi Gejala yang Timbul Akibat Kutil Kelamin
Ilustrasi Gejala yang Timbul Akibat Kutil Kelamin (Sumber gambar: canva.com)

1. Benjolan kecil

Gejala utama kutil kelamin adalah munculnya benjolan kecil yang menyerupai kutil pada area kelamin atau anus. Benjolan ini biasanya berwarna merah muda, coklat, atau abu-abu.

2. Gatal atau rasa tidak nyaman

Area yang terinfeksi kutil kelamin dapat terasa gatal, perih, atau tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini bisa semakin parah saat berhubungan seksual.

3. Pendarahan

Seseorang yang memiliki kutil kelamin dapat berdarah di area tertentu setelah berhubungan seksual. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang disebabkan oleh kutil.

4. Nyeri

Kutil kelamin yang besar atau terletak di area yang sensitif dapat menyebabkan nyeri, apabila terkena gesekan.

5. Bau busuk

Setelah waktu yang lama, kutil kelamin yang tidak mendapat pengobatan akan memberikan dampak buruk, seperti mengeluarkan bau busuk di area yang terdapat kutil.

Baca Juga: Faktor Penyebab Muncul Kutil Kelamin di Area Genital

Jadi, jika kalian mengalami ciri-ciri kutil kelamin seperti di atas, jangan diabaikan! Segeralah cari bantuan medis, untuk berkonsultasi mengenai masalah tersebut agar segera mendapat pengobatan yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Penyakit Sipilis yang Dirasakan Pria dan Wanita

Gonore: Definisi, Penyebab dan Gejala

Klamidia: Ketahui Penyebab dan Gejalanya